Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1


Bahagia dengan Google Workspace for Education

(Siti Amalia - SEKITA)

Tahun pelajaran 2021/2020 SMPN 17 Kota Bogor mulai menggunakan platform Google Workspace for Education (GWE) menggunakan akun domain sekolah @smpn17bgr.sch.id. Setiap siswa didaftarkan akun menggunakan NISN mereka, sehingga tidak ada akun yang kembar. Guru dan staf TU pun didaftarkan memiliki akun berdomain sekolah. Untuk guru dan TU akun disetting sama dengan akun belajar.id hanya domainnya saja yang berbeda. Hal ini agar guru dan TU mudah dalam mengingat akun-akun email mereka. Banyak sekali kelebihan menggunakan GWE dibandingkan menggunakan akun gmail dalam pembelajaran. Akun GWE selain gratis, akun ini memiliki storage atau tempat penyimpanan yang tidak terbatas, di dalam google classroom baik guru dan siswa ada fasilitas google meet, sehingga guru dan siswa tak perlu membuat link di google meet atau google calendar.
Ada fasilitas meet di dalam google classroom dan cek plagiarisme
Kelebihannya lainnya adalah siswa terpantau karena akunnya permanen, guru bisa berinovasi dan berkreasi dalam membuat media pembelajaran karena tempat penyimpanan tidak terbatas, guru pun dapat mengecek tingkat plagiarisme siswa, penginputan nilai otomatis, guru dapat memasukkan hingga 1000 siswa pada google classroomnya, guru dapat merekam pada kegiatan google meet, mengadakan ulangan menggunakan google form dengan aman karena akun dapat dibatasi hanya peserta berdomain sama yang bisa mengikuti ulangan. Guru tak perlu bingung lagi dengan nama siswa yang aneh-aneh, karena bila menggunakan GWE siswa yang masuk ke google classroom namanya sesuai dengan nama di dapodik dan bebas dari penyusup. Sekolah pun harus menyediakan layanan konsultasi siswa yang terkendala GWE. agar siswa nyaman dalam belajar dan juga pelayanan prima sekolah kepada siswa.
Khusus siswa yang tak punya HP difasilitasi oleh sekolah dengan membuka kesempatan belajar di laboratorium komputer sesuai jadwal yang ditentukan.
Siswa yang tak punya HP belajar di Labkom
Ternyata Google memberikan peringatan untuk menggunakan GWE bila membuka google classroom menggunakan akun personal. Bila suatu sekolah tidak memiliki akun sekolah yang sudah terkoneksi GWE, maka dapat menggunakan akun belajar.id. Akun belajar.id pun terkoneksi dengan GWE dan dapat menikmati berbagai fasilitas keren GWE dibanding akun gmail biasa. Kelebihan akun ini sama dengan akun domain sekolah hanya nama domainnya saja yang berbeda. Yuk beralih ke Google Workspace for Education untuk pembelajaran yang lebih baik!

Bio Penulis Penulis
IG : @amelya1397  
WA : 081329456700  
Website : www.kompasiana.com/amelya1397  

Posting Komentar untuk "Bahagia dengan Google Workspace for Education"